SHARE ON

Travel & Property > Best Escape

Berwisata Safari di Afrika

Pacu adrenalin dan pererat cinta Anda terhadap satwa melalui wisata safari mengagumkan di Afrika.

BestLifemagazine Best Escape



 
Berwisata Safari di Afrika
Berwisata Safari di Afrika



Benua terbesar di dunia setelah Asia ini menyimpan pesona alam yang luar biasa. Tak hanya pegunungan dan perbukitan cantik, gurun-gurun misterius, ataupun sungai-sungai panjang yang menakjubkan.

Afrika juga diberkahi kekayaan margasatwa, hingga yang paling langka dan terancam punah. Angkat ransel dan kenakan topi Anda, jelajahilah cantiknya alam di negeri yang dijuluki The Jewel.

Etosha National Park
Etosha National Park (Taman Nasional Etosha) dulunya merupakan hutan lebat dengan lubang-lubang pada padang rumput yang terpenuhi dengan air. Semenjak danau kering, taman ini menjadi hutan vegetasi dengan padang rumput gersang yang terbuka, pohon-pohon berduri, dan berbagai rumput dan semak belukar.

Sebanyak 114 spesies satwa mamalia, 110 spesies reptil, 16 spesies ampibi, dan 1 spesies ikan hidup di habitat ini. Beberapa satwa yang menjadi tontonan menarik di antaranya gajah, singa, kerbau, dan kijang. Tak ketinggalan, 340 spesies burung, termasuk burung flamingo dengan populasi yang mencapai ratusan dan burung hering Mesir yang langka, menjadi objek safari yang mengagumkan.

Di Etosha, hidup suku Himba dan Bushmen yang sudah berabad-abad menjaga dan melestarikan kehidupan margasatwa. Selain itu, pemerintah Afrika memberikan perhatian yang sangat besar terhadap sistem konservasi taman safari ini sehingga menjadi objek wisata safari yang terbesar dan terbaik di Afrika.

Waktu bersafari:

Musim dingin (Mei-September) : waktu terbaik untuk menyaksikan atraksi para satwa
November-Maret : waktu terbaik untuk mengamati burung
Agustus-September : kondisi cuaca paling bersahabat

Transportasi:

Untuk menuju ke Etosha, ambil rute penerbangan ke Bandara Internasional Hosea Kutako Windhoek. Jika Anda terbang dengan jet pribadi, tersedia landasan pribadi di dalam taman. Anda bisa menghubungi kantor pelayanan umum Taman Nasional Etosha sebelumnya. Di dalam taman, Anda bisa mengendarai mobil atau pesawat kecil yang tersedia.

Serengeti National Park
Taman ini merupakan rumah bagi lebih dari 500 spesies burung, mulai dari burung unta dan elang yang melayang di atas Perbukitan Lobo. Habitat taman ini berupa padang rumput terbuka dengan hutan akasia dengan sejumlah kecil lahan basah. Namun, tumbuh berbagai pohon berduri yang dikelilingi padang rumput. Pada masa-masa kondisi cuaca panas dan kering, dataran menjadi coklat keemasan, sementara saat musim hujan, dataran rumput tampak segar, hijau, dan penuh bunga.

Serengeti adalah salah satu taman tertua di Afrika, dengan sejumlah spesies yang hampir atau terancam punah. Karena itu, undang-undang di Tanzania sangat ketat terhadap perburuan.
Pengalaman safari paling terkenal yaitu migrasi Wildebeest (bison), yakni migrasi tahunan sebanyak lebih dari sejuta rusa kutub dan ribuan zebra jalan berbaris dari Serengeti ke Masai Mara, Kenya. Selain itu, banyak titik safari menarik dengan menyaksikan singa, gajah, badak, macan tutul, cheetah, dan jerapah.

Waktu bersafari:

Desember-Maret: waktu terbaik untuk menyaksikan atraksi para satwa liar di zona selatan
November (musim hujan): waktu terbaik untuk menyaksikan migrasi Wildebeest
Juni-Oktober: waktu terbaik menyaksikan aneka satwa dari barat dan utara berkumpul di perbatasan Serengeti dan Masai Mara

Transportasi:

Anda bisa memilih rute penerbangan ke Bandara Internasional Kilimanjaro atau daratkan jet pribadi Anda di lapangan pesawat pribadi di dalam taman Serengeti. Untuk berkeliling menyaksikan aksi dan atraksi satwa, tersedia mobil safari dan pesawat kecil.

Zanzibar Island

Di pulau ini hidup sekitar 400 spesies burung, di antaranya merpati hijau, burung hantu, burung mata putih, dan burung matahari. Pulau Zanzibar merupakan daerah pantai dengan hutan sawit.

Tanaman yang tumbuh di Pulau Zanzibar sebagian besar adalah tanaman tropis, di antaranya kelapa, cengkeh, pisang, jeruk, rempah-rempah, jagung, singkong, dan sereal.
Monyet merah Colobus memiliki populasi yang besar di pulau ini, terutama di kawasan konservasi Hutan Jozani. Ada pula populasi antelop kecil dan musang.

Waktu bersafari:

September-Desember : waktu terbaik untuk scuba diving
Pertengahan Juni-Oktober & Pertengahan Desember-Februari : kondisi cuaca kering
Januari : kondisi cuaca panas dan lembab

Transportasi:

Anda bisa memilih rute penerbangan ke Bandara Internasional Zanzibar atau Bandara Internasional Julius Nyerere Dar es Salaam. Selanjutnya, Anda bisa naik taksi menuju pulau ini. Di pulau, Anda bisa berkeliling dengan sepeda atau berkendara dengan perahu bermesin.

Okavango Delta, Botswana
Di delta ini, hidup beraneka ragam burung air. Air dan habitat subur yang indah di delta ini menjadi surga bagi spesies burung. Pengalaman paling menarik adalah mengamati burung-burung Okavango dari perahu.

Terletak di tengah Gurun Kalahari, delta ini merupakan oase yang kaya dan subur dengan vegetasi yang baik sepanjang tahun. Hidup beragam ekosistem alam seperti papirus berlapis air, dataran basah, hamparan bunga lili, hutan teduh, dan padang rumput hijau.
Di delta yang tenang dan teduh ini juga menyimpan beragam satwa liar, yakni 164 spesies mamalia, 157 jenis reptilian, 84 jenis ikan, dan lebih dari 5.000 jenis serangga. Kawanan gajah dan singa pun tinggal di delta ini.

Waktu bersafari:

Juli-Oktober : musim kemarau yang menawarkan suguhan mengagumkan, yaitu menyatunya satwa liar di tepi lubang sumber air
Desember-Maret: musim hujan yang merupakan musim hijau dan banyak satwa melahirkan di antara bulan ini. Kesempatan fotografi juga terbaik di musim hujan.

Transportasi:

Anda bisa memilih rute penerbangan menuju Bandara Maun atau melandaskan jet pribadi Anda di area pendaratan pesawat khusus. Sesampainya di lokasi, tersedia mobil safari dan pesawat kecil untuk berwisata.

Victoria Falls, Zimbabwe

Tersimpan kekayaan spesies burung di Victoria Falls (Air Terjun Victoria). Sebanyak 35 spesies burung, seperti Falcon Taita, Black Eagle, Peregrine Falcon, dan Augur Buzzard. Satwa liar lainnya yang menghuni area air terjun ini yaitu berbagai jenis kijang, sejumlah spesies ikan, sejumlah reptile, termasuk buaya, predator, dan kadal warna-warni.

Hutan di sekitar air terjun ini menciptakan habitat  yang subur bagi burung, membuat Victoria menjadi salah satu tujuan wisata safari burung terbaik di Afrika. Hutan yang memagari air terjun ini terdiri dari hutan sabana dan hutan jati dengan aneka tanaman langka, seperti mahoni pod, ebony, kelapa gading, kurma liar, yang dapat ditemukan tepat di sepanjang tepi air terjun. Jangan lewatkan sisi tercantik air terjun Victoria ketika semburat pelangi muncul bersamaan dengan bulan penuh. Fenomena ini disebut Lunar Rainbow atau Moonbows.

Waktu bersafari:

November-Januari : waktu terbaik untuk melihat air terjun paling deras dan indah
Januari- Desember (di antara tanggal 17-26 tahun 2013) : waktu melihat Lunar Rainbow atau Moonbows.

Transportasi:

Untuk menuju ke air terjun memesona ini, Anda bisa memilih rute penerbangan ke Bandara Internasional Victoria Falls. Tersedia pula lapangan pendaratan pesawat pribadi di beberapa titik lokasi. Transportasi lokal lainnya yang tersedia yaitu pesawat kecil, mobil, perahu bermesin, hingga kereta api.

Tips Keamanan:

1.    Sangat penting untuk mendengarkan instruksi pemandu dan tetap tinggal di mobil selama menyaksikan atraksi satwa
2.    Jangan meninggalkan penginapan atau kemah, terutama setelah gelap
3.    Ingatlah bahwa Anda berada di sebuah taman yang penuh dengan satwa liar dan berpotensi berbahaya. Jadi, jangan pernah mencoba untuk menyentuh atau memberi makan satwa apapun
4.    Gerbang taman akan ditutup menjelang matahari terbenam, jadi pastikan Anda sudah kembali ke penginapan atau kemah.
5.    Jangan meninggalkan barang di sembarang tempat dan jagalah barang-barang berharga dengan ketat

Bawalah:

•    pakaian berwarna netral berbahan kain ringan
•    pakaian renang, kacamata hitam, topi, dan tabir surya
•    sepatu yang nyaman serta sandal
•    sleeping bag untuk perkemahan
•    jaket hangat untuk cuaca dingin
•    kamera, baterai cadangan, ditambah film atau kartu memori
•    teropong untuk melihat burung
•    obat nyamuk malaria dan serangga
•    obat-obatan untuk luka





    KOMENTAR ANDA



200 karakter tersedia

 
Dengan meng-klik tombol “kirim” berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.

BEST LIFE JULI 2014