Perkembangan Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

Perkembangan Mobil Listrik yang Ada di Indonesia – Secara umum perkembangan dunia otomotif sangat pesat dan memunculkan berbagai macam mobil dengan berbagai spesifikasi paling baru. Salah satu varian mobil yang sedang berkembang dan populer di Indonesia adalah varian mobil listrik ramah lingkungan. Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, sehingga memiliki potensi pasar yang sangat luas sekali.

Perkembangan Mobil Listrik
Perkembangan Mobil Listrik

Pasar Indonesia juga sering disebut sebagai emerging market karena perkembangannya yang terus meningkat. Pasar mobil Indonesia sebagian besar diisi dengan mobil ‘biasa’ yang menggunakan bahan bakar minyak. Kehadiran mobil listrik merupakan terobosan baru yang dapat membangun kembali pasar mobil. Berikut adalah Perkembangan Mobil Listrik yang ada di Indonesia:

Perkembangan Mobil Listrik Indonesia

Perkembangan mobil listrik Indonesia memang tidak terlalu pesat karena minimnya infrastruktur pengisian baterai dan animo masyarakat. Hal ini sangat berpengaruh dari segi harga mobil listrik yang masih sangat mahal. Keunggulan utama mobil listrik adalah ramah lingkungan. Penggunaan dari mobil listrik akan mengurangi bahaya polusi udara dan penggunaan bahan bakar minyak.

Mobil listrik hanya mengandalkan energi yang tersimpan dalam baterai dan hal ini akan membuat jarak tempuh dari kendaraan ini sangat bergantung pada kapasitas baterai yang telah tersedia. Semakin besar kapasitasnya, maka akan semakin jauh jarak yang bisa ditempuhnya. Secara umum, kendaraan biasa dapat menempuh jarak 100-250 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Sedangkan mobil listrik dapat menempuh jarak hingga 300-500 km dalam sekali pengisian penuh baterai dan hal ini sangatlah bermanfaat. Pengisian baterai mobil listrik biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 jam hingga baterai terisi penuh. Namun, dengan perkembangan yang lebih baik di Indonesia, pengisian baterai mobil dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Peluang Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan mobil listrik karena merupakan produsen nikel yang sangat besar dibandingkan dengan negara lainnya di dunia ini. Jika Indonesia berhasil mengolah nikel dengan baik menjadi produk baterai, maka kita berpeluang sangat besar untuk menjadi negara terkaya. Keinginan menjadi negara produsen mobil listrik bukan tanpa alasan karena selama ini industri baterai untuk produk elektronik juga sudah berkembang di Indonesia.

Seperti apa Perkembangan Mobil Listrik yang Ada di Indonesia?

Indonesia dapat mencari investor baru untuk mengembangkan pembuatan baterai atau dapat menarik investasi tambahan untuk mengembangkan mobil listrik lebih lanjut. Keunggulan dari segi bahan baku baterai memang dapat memudahkan Indonesia menarik investasi asing untuk mengembangkan Mobil Listrik Buatan Indonesia. Secara umum aki merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil listrik dan rata-rata berat aki mencapai 25% dari berat mobil.

Kini banyak produsen mobil yang mengubah penggunaan teknologi ke mobil listrik. Dengan hadirnya mobil listrik akhir-akhir ini, persaingan Mobil Listrik Indonesia akan sangat ketat. Masyarakat memiliki pilihan lengkap untuk memiliki mobil yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Mobil Listrik Indonesia Sesuai Instruksi Pemerintah

Presiden Joko Widodo telah mengatakan pemerintah agar terus optimistis dengan program percepatan kendaraan motor listrik berbasis penggunaan baterai. Presiden optimistis bahwa program ini bisa berjalan sesuai waktu yang ditentukan. Hal ini juga telah menegaskan bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan, mobil listrik bisa langsung diproduksi di Indonesia dan akan muncul secara masif, mulai dari tipe yang lebih terjangkau hingga yang berteknologi lebih canggih.

Untuk merealisasikan program pemerintah ini, perkembangan produk nikel terus dipantau secara ketat. Ke depan, BUMN dan investor akan didorong untuk mendirikan industri pengolahan produk nikel di Indonesia. Indonesia akan menghentikan ekspor bahan mentah ke luar negeri dan akan memaksa pihak yang berkepentingan untuk mendirikan pabrik pengolahan di Indonesia. Hanya dengan begitu, maka perkembangan mobil listrik yang ada di Indonesia akan sangat pesat.

Jenis mobil listrik yang muncul di Indonesia sangat beragam, seperti jenis SUV, sedan, dan hatchback. Dengan ketatnya persaingan dan berkembangnya mobil listrik, maka mobil jenis ini akan semakin digunakan. Mobil listrik buatan Indonesia harus didukung oleh semua lapisan masyarakat karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan mobil biasa. Itulah ulasan tentang Perkembangan Mobil Listrik yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *