Kelalaian yang Sering Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic

Kelalaian yang Sering Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic – Mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic merupakan jenis mobil yang sangat populer di Indonesia akhir-akhir ini terutama oleh kaum hawa. Mengapa demikian? Alasannya karena mobil bertransmisi otomatis lebih nyaman digunakan, lebih mudah dioperasikan, dan praktis mengingat kondisi jalan yang sangat padat dan padat. Meski begitu, pengendara tetap harus waspada dan berhati-hati saat berkendara.

Mobil Matic
Mobil Matic

Beberapa Kelalaian yang Sering Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic

Pasalnya, masih ada risiko kecelakaan yang mengintai saat mengendarai Mobil Matic. Penyebab kecelakaan pun bermacam-macam, mulai dari kesalahan teknis, human error, hingga human negligence. Ternyata resiko kecelakaan akibat kelalaian yang dilakukan oleh pengemudi mobil matic jauh lebih besar dibandingkan dengan kelalaian yang disebabkan oleh pengemudi mobil manual. Berikut beberapa jenis kelalaian yang sering terjadi saat mengendarai kendaraan matic.

Meningkatkan Mesin Sebelum Memindahkan Gigi

Mengemudikan mesin sebelum mengganti persneling sebenarnya tidak dianjurkan sama sekali saat mengendarai mobil matic. Melakukan hal yang satu ini mungkin sering dapat berdampak buruk pada komponen mesin mobil. Tekanan kuat bisa muncul karena tindakan ini. Gesekan komponen mesin menjadi lebih kuat dari yang seharusnya. Jadi sebaiknya hindari melakukan kebiasaan ini.

Salah Injak Pedal

Salah menginjak pedal gas mungkin terdengar sangat sepele, namun akibatnya cukup fatal. Kegagalan menginjak pedal yang salah umumnya terjadi pada orang yang baru belajar mengemudikan mobil atau pemula dan mereka yang terbiasa mengendarai kendaraan matic menggunakan dua kaki. Pada orang yang baru belajar mengemudi, tingkat kepekaan atau refleksnya masih sangat rendah, sehingga risiko salah menginjak pedal akan lebih sering terjadi.

Tidak menutup kemungkinan situasi seperti ini bisa dialami oleh mereka yang terbiasa mengendarai kendaraan matic dengan dua kaki. Ketika sesuatu tidak terduga terjadi saat mengemudi, pengemudi sering merasa panik. Ketika harus menginjak pedal rem, Anda malah menginjak gas. Akibatnya, mobil lepas kendali dan berisiko menabrak apapun yang di depannya.

Tidak Memanaskan Mesin

Meski mobil matic menawarkan berbagai macam kemudahan, namun jangan pernah lupa untuk menjaga mesin tetap hangat saat Anda hanya ingin mengendarainya di hari itu, terutama di pagi hari. Udara dingin cenderung membuat oli mengental dan bergerak lambat di komponen mesin.

Apa Saja Kelalaian yang Sering Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic?

Memanaskan mesin menghangatkan oli, sekaligus mengencerkannya agar lebih mudah berpindah ke berbagai komponen mesin dan transmisi. Efek buruk bisa terjadi jika mesin tidak panas. Bahkan jika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Kerusakan mobil bisa muncul sendirinya.

Kaki Kiri ada di Pedal Rem

Tindakan yang satu ini sangat tidak disarankan dalam mengendarai mobil matic. Karena dalam pengoperasiannya, pedal rem dan gas dioperasikan oleh kaki kanan pengemudi saja. Sementara itu, kaki kiri pengemudi benar-benar diistirahatkan bahkan tanpa menginjak pedal. Dengan demikian pengemudi akan merasa sangat nyaman dan praktis dalam mengendarai mobil matic.

Salah Memindahkan Gigi

Saat belajar mengemudi, maka salah satu hal paling terpenting yang harus Anda kuasai adalah cara untuk memasukkan atau memindah gigi. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, setiap roda gigi pada kendaraan matic atau manual tentunya akan memiliki fungsinya masing-masing. Namun, mengingat transmisinya otomatis, perpindahan gigi pada kendaraan otomatis jauh lebih mudah daripada mobil manual yang membutuhkan pola khusus untuk memindahkannya.

Karena mudahnya, pengemudi seringkali tidak menyadari bahwa gigi di dalam mobilnya telah bergeser karena tidak sengaja disentuh. Sebelum melepaskan pedal rem dan menginjak pedal gas rem, sebaiknya pastikan posisi gigi sudah tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak Memasuki Gear Netral Saat Berhenti

Tidak memasukkan gigi Netral saat dalam posisi berhenti juga merupakan salah satu kelalaian yang harus diwaspadai oleha Anda saat mengendarai kendaraan matic. Untuk pemula, sangat disarankan untuk memindah gigi ke posisi netral saat berada di lalu lintas atau di lampu merah.

Mengapa demikian? Jika Anda terus menekan rem dalam kondisi tersebut, maka akan berdampak pada kampas rem yang cepat aus. Itulah ulasan tentang kelalaian yang sering terjadi saat mengendarai Mobil Matic. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan banyak terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *