Penyebab Paling Umum Kenapa Mobil Overheating

Penyebab Paling Umum Kenapa Mobil Overheating – Mesin mobil Anda dipenuhi dengan ribuan komponen mekanik dan elektrik yang bekerja secara harmonis untuk mengantar Anda berkeliling. Namun, ketika satu sistem gagal, itu bisa membuat Anda terdampar di sisi jalan.

Mobil Overheating
Mobil Overheating

Beberapa kegagalan sistem berpotensi menjadi bencana besar seperti kegagalan sistem pendingin. Ketika sistem pendingin gagal, mesin dapat menjadi terlalu panas, yang dapat menyebabkan kerusakan internal yang parah, retak pada blok mesin, kerusakan kepala silinder, dan banyak lagi. Untuk mendiagnosis mengapa mobil Anda terlalu panas, Anda harus tahu di mana mencarinya terlebih dahulu. Berikut adalah penyebab paling umum kenapa Mobil Overheating paling umum:

Beberapa Penyebab Paling Umum Kenapa Mobil Overheating

Termostat Terjebak

Termostat mesin juga harus terbuka pada suhu tertentu untuk memungkinkan cairan pendingin agar mengalir kedalam radiator untuk pendinginan. Suhu ini biasanya berkisar antara 82 hingga 93 derajat Celcius. Seiring waktu dan karena tidak mengganti cairan pendingin secara teratur, maka akan terjadi penumpukan kotoran, korosi, dan kotoran lainnya dari sistem pendingin yang dapat menutupi termostat dan mencegahnya untuk merasakan suhu cairan pendingin dengan benar.

Dalam beberapa kasus yang telah terjadi, termostat akan gagal secara mekanis dan tidak mau terbuka. Dalam kedua kasus tersebut, hal ini membuat cairan pendingin tertahan di dalam mesin, yang mengakibatkan mesin menjadi terlalu cepat panas. Tanda-tanda termostat yang buruk adalah radiator yang kembung dan selang pemanas. Anda juga akan melihat reservoir pendingin terus-menerus tetap pada tanda “Dingin Penuh” dan tidak pernah mencapai garis “Panas Penuh”.

Pompa Air Terjadi Kegagalan

Seiring waktu, bantalan pompa air, impeller, dan komponen lainnya dapat rusak, hal yang bisa mencegahnya untuk mendorong cairan pendingin. Tanpa pompa ini, aliran cairan pendingin ke radiator berhenti. Tanda-tanda pompa air yang gagal termasuk serpihan logam di cairan pendingin, suara gerinda dari bagian depan mesin, dan kebocoran cairan pendingin dari bagian depan mesin.

Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Kipas radiator juga memiliki tugas yang sangat penting untuk menarik udara ke atas cairan pendingin saat melewati radiator, mengurangi suhunya. Jika kipas yang satu ini berhenti bekerja, maka suhu cairan pendingin akan turun hanya sedikit saat melewati radiator, yang dapat menyebabkan panas berlebih saat melewati mesin. Bilah kipas yang rusak, motor kipas yang rusak, kabel yang rusak, atau kopling kipas yang rusak dapat menyebabkan kipas radiator tidak berfungsi.

Apa Saja Penyebab Paling Umum Kenapa Mobil Overheating?

Sensor Suhu Rusak

Pada kendaraan dengan kipas listrik, sebuah sensor suhu akan mengirimkan daya kedalam kipas disaat cairan pendingin telah mencapai suhu tertentu. Lalu akan mengaktifkan kipas untuk menurunkan suhu cairan pendingin. Jika sensor ini mengalami kegagalan, maka kipas tidak akan mendapatkan listrik yang dibutuhkan, hal yang menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas.

Tingkat Pendingin Rendah

Dengan pendingin rendah, sistem pendingin tidak dapat secara efektif menyerap panas dari mesin dan akan segera mendinginkannya. Hal ini juga dapat menyebabkan panas berlebih, meskipun pafa umumnya membutuhkan pendingin yang sangat rendah sebelum menjadi terlalu panas hingga titik yang terlihat. Tanda-tanda level cairan pendingin rendah adalah ketika pengukur suhu membaca sedikit lebih tinggi dari biasanya, akan tetapi belum dalam kisaran panas berlebih.

Lalu cairan pendingin tidak akan bisa membaca tanda “Panas Penuh” atau “Dingin Penuh” di reservoir. Mobil tidak menggunakan pendingin seperti halnya bensin. Jadi, jika level cairan pendingin Anda rendah, ini berarti kemungkinan ada sebuah kebocoran cairan pendingin.

Perlu diingat, tidak semua kebocoran cairan pendingin terjadi di luar dankebocoran juga bisa terjadi di dalam mesin. Misalnya, paking kepala yang pecah, hal yang dapat menyegel kepala silinder ke mesin, dapat menyebabkan cairan pendingin bocor ke dalam silinder atau sistem oli.

Penyumbatan di Sistem Pendingin

Seiring waktu, korosi dan kotoran lain dalam sistem pendingin dapat menyebabkan penumpukan yang menyumbat saluran sistem pendingin. Terutama pada mobil yang tidak dirawat dengan baik. Hal ini dapat menghalangi aliran cairan pendingin mesin, yang mengakibatkan panas berlebih. Itulah ulasan tentang penyebab paling umum kenapa Mobil Overheating. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *